Meski Terkesan Penyakit Sepele, Berikut Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Ditangani

  • Whatsapp
Meski-Terkesan-Penyakit-Sepele-Berikut-Bahaya-Anemia-Jika-Tidak-Segera-Ditangani
Gambar dari Canva

Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, anemia bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga lansia. Dalam hal ini, sel darah merah dapat berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, bahaya anemia sebaiknya segera ditangani agar aktivitas bisa berjalan lancar.

Berikut Gangguan Yang Bisa Disebabkan Oleh Kekurangan Sel Darah Merah Atau Anemia

1. Ganguan Perkembangan Anak

Anemia yang dialami oleh anak-anak dapat mempengaruhi kondisi perkembangan yang kurang baik. Anemia yang terjadi pada anak akibat kekurangan zat besi bisa mempengaruhi gangguan kognitif. Dalam hal ini, zat besi sangat diperlukan oleh perkembangan otak. Sehingga, anak yang mengalami anemia sejak kecil akan mengalami perkembangan kognitif yang kurang optimal.

Selain itu, kekurangan darah yang mengalirkan oksigen juga menyebabkan otak hanya menerima sedikit oksigen. Hal ini bisa membuat anak tidak bisa berpikir dengan baik dan juga sulit untuk berkonsentrasi. Akibatnya, anak yang menderita anemia akan memiliki masalah terhadap prestasi akademik yang rendah.

2. Mudah Terinfeksi

Kondisi luka yang sulit sembuh juga merupakan bagian dari bahaya anemia yang harus diwaspadai. Dalam hal ini, luka yang sulit untuk disembuhkan juga bisa terinfeksi dengan mudah. Bahkan, orang yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah memiliki sistem imun yang rendah.

3. Kelelahan Berkepanjangan

Begitu pula, sedikit oksigen yang diedarkan oleh darah ke dalam tubuh mengakibatkan tubuh akan kekurangan oksigen. Hal ini dapat berdampak pada kondisi jaringan tubuh yang tidak bisa menghasilkan tenaga. Akibatnya, seseorang yang menderita anemia akan sering merasakan rasa lelah dan lemas.

Bahkan, kekurangan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh organ tubuh juga bisa menyebabkan kondisi kerja jantung terganggu. Jantung yang bertugas untuk memompa darah tersebut akan bekerja lebih keras dan meningkatkan ritme jantung. Hal ini tentu dapat berbahaya karena selain tubuh merasakan lemas, gagal jantung juga bisa terjadi karena kondisi ini.

Sel darah merah memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh karena dapat mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan kondisi tubuh yang tidak nyaman. Bahkan, beberapa hal di atas maupun hal lain seperti kematian bisa terjadi jika anemia tidak segera ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *